Assalamuallaikum Wr.Wb

Apakabar nih dikesempatan kali ini? semoga semua baik-baik aja ya! Amin.

Nah sobat semua, kita akan membahas beberapa kata tentang umrah. Dimana umrah adalah rukun islam yang ke-05, kiri-kira apa yang dilakukan orang yang tak punya uang sehingga mereka bisa berangkat umrah? Sebenarnya banyak orang yang umrah tanpa mengandalkan uang, kenapa? karena berangkat umrah itu bukanlah menggunakan uang, melainkan tekad, keyakinan daan niat. Anda ingin berangkat ke tanah suci? maka usahakan untuk menabung, dan meskipun tak punya uang tapi punya modal awal, gunakan untuk berbisnis halal dan dengan begitu tanpa sadar uang kita sudah ada beberapa juta, dan bila sudah terkumpul, berangkat dan langsung memenuhi panggilan Allah serta menyempurnakan rukun islam yang kelima. Kenapa saya membahas ini, apakah umrah itu perkara yang wajib? tentu, ini adalah perkara yang wajib (Bagi Yang Mampu), apakah yang tidak mampu juga bisa berangkat Umrah? tentu saja, karena umrah adalah perkara yang terpuji. Tapi bila kita tak punya, jangan memaksakan untuk berangkat umrah. Karena kalau sudah ada niat tanpa berangkatpun sudah memiliki pahala, Insyaa Allah.

Maka niat itu adalah modal terbesar dalam hal ini. Berangkat ke baitullah dan melaksanakan ibadah haji tanpa ganjalan inilah harapa terbesar kita. Coba kita bayangkan, awalnya kita jarang solat, disana setiap waktu kita mendapatkan hidayah untuk beribadah sholat dll. Tapi ada juga loh yang umrah pulangnya itu sombong, tak banyak orang yang begini, setiap kemana-mana memakai pakaian ke mesjid, kalau kita pikirkan mungkin kita tak akan percaya, tapi ada loh yang berbuat seperti itu. Nah, alasan terbesar yang membuat orang yang tak punya bisa berangkat umrah adalah karena niat yang kuat, bukan Allah sudah memanggilnya, tapi bagaimana dengan dirinya. Apakah ia ingin umrah dengan ikhlas atau tidak? nah itulah yang harus kita tanyakan dulu kepada diri kita sendiri. Kita sukses berangkat umrah dengan modal 3 perbuatan mulia, ikhlas, tekad dan niat. Ingat, umrah itu adalah perbuatan yang paling mulia diantara amalan yang lainnya.

Terkait dengan umrah, ada yang namanya dengan air zam-zam. Apa itu air zam-zam? air zam-zam adalah air yang diberkahi oleh Allah Swt. Dimana orang yang meminum air ini adalah orang yang diberkahi. Apalagi air adalah cairan terbaik untuk tubuh kita. Ditambah lagi air zam-zam itu berkah, bayangkan, kalau setiap hari kita berada di mekah dan meminum air zam-zam yang sehat, segar, dan berkah. Maka inilah yang disebut dengan keberkahan. Berjuang untuk berangkat umrah adalah dambaan setiap orang. Insyaa Allah.[]

Semoga yang disampaikan kami bisa membawa manfaat, sekian dari kami.

Wassalamuallaikum Wr.Wb

Oleh : Aa Bahagia.