Assalamuallaikum.

Puji syukur khadirat Alloh Swt. Yang menitipkan sebuah anak untuk kita pelihara dan kita beri pendidikan. Sholawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad Saw.

Dikesempatan kali ini, admin mau memperingati kalian yang sudah menikah dan mempunyai anak. Beberapa hal yang bisa membuatmu gagal mencapai cita-cita dan hal yng akan membuat anakmu sukses dan berkarya tanpa batas. Inilah beberapa hal yang menyebabkan dampak positif dan negatif dalam hal mendidik anak.

Dampak Negatif

1. Memarahi Anak Dengan Berlebih-lebihan.
Yang pertama kita awali dengan dampak negatif, yaitu Memarahi Anak Kita Dengan Berlebih-lebihan. Kita seringkali memarahi anak, tetapi kita juga harus mempunyai hati nurani karena anak kita bisa jantungan jika terus dimarahi ada. Coba kita pikirkan, setelah kita memukuli, memarahi, mencubit anak kita sehingga menimbulkan luka, pasti kita akan menangis bukan? anda tau? anak andapun sama seperti anda. Anak andapun sayank kepada anda karena andalah yang bisa membuatnya tumbuh besar. Bagaimanapun sikap anak kita, kita harus memperingatinya dengan pelan dan perlahan.

2. Jangan Salah Sangka Pada Anak Sendiri
Ini hal kedua yang harus kita perhatikan dalam menilai anak kita, baik lagi main gadget, hadphone, tablet, iphone, pc, maupun dosktop yang mana mereka setiap hari memainkan itu. Apakah yang ada dibenak anda? pasti hal-hal yang negatif bukan? hal yang saya bahas dipostingan ini adalah hal yang harus anda terapkan dan dibuang bila ada yang buruknya. Nah, perasangka ini bisa menimbulkan kekesalan kepada kita. Bahkan lebih parahnya anak kita malah merendahkan kita dengan menjelek-jelekan mukanya dibelakang kita. Hal inilah yang harus kita buang jauh-jauh.

Dampak Positif

1. Mengajak Anak Untuk Berkriatifitas Dengan Hobbynya
Dampak ini adalah hal yang paling positif dalam hal mendidik anak untuk masa depannya karena dijaman Rasulullah Saw. Beliau mendidik anaknya untuk belajar berniaga, kenapa kita tidak? untuk anak dibawah usia 10 tahun memang belum bisa berbisnis, tapi apakah tidak mungkin untuk kita mengajarinya berkreatifitas dan berkarya dengan hobby anak kita? coba kita bayangkan, kalau hobby anak kita hobbynya menulis, siapa tau masa depannya jadi Novelis, sungguh menguntungkan bukan?

2. Ajarkan Anak Kita Akhlak Dan Akidah
Apakah anda tau hal yang sangat mengancam anak kita jika kita tak mengajari anak kita Akhlak dan Aqidah? sebagai contoh saja, dimana sekarang jaman sudah moderen, kejahatan lewat internet sudah meraba dimana-mana, seks bebas, perkelahian, dan pacaran. Dan yang lebih parahnya adalah melanggar norma agama. Inilah yang harus kita perhatikan dan inilah yang paling penting dalam hal mendidik anak. Bukan karena ingin dipuji, tapi ingin anak kita, menjadi anak yang ta'at terhadap ajaran Alloh Swt. Semoga kita mengambil pelajaran dan hikmah dari hal-hal diatas.

Dan itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan dari dasar-dasar mendidik Anak-anak. Semoga hal yang saya sampaikan diatas bisa memudahkan anda dalam mendidik anak kita. Aamiin Yaa Robbal' Aalamiin.

Oleh : Aa Bahagia.