abinishalalmodalkecil.jpg

Assalamuallaikum Wr.Wb, saudaraku kita tau bahwa bisnis yang halal ini sangat susah dicari. Bahkan dijaman moderen ini, kita lebih sulit mencari bisnis halal karena banyaknya lebel halal yang palsu. Saking miripnya lebel itu menjadi susah untuk kita bedakan dengan lebel yang asli dari M.U.I maka kita kenapa kita harus memilih bisnis yang halal? karena kita akan selalu enak bila memakan uang yang halal. Bayangkan, bila setiap hari kita memakan uang haram, apakah kita akan tenang? tidak bukan, malah uang itulah yang membuat kita resah dan hidup kita menjadi hancur dan tidak tenang. Jangan karena uang haram kita menjadi tak tenang. Maka dari itu saya buat articel ini, supaya anda membedakan mana yang halal dan mana yang haram.
1. Penampilan Sang Bos Atau Pemilik Perusahaan.
Coba kita lihat penampilan sang pemimpin perusahaan. (Bos) yang akan kita perhatikan baik-baik. Saudaraku, sudah pasti kita tau bahwa penampilan bos itu rapi dan bisa menjadi teladan bagi para pegawainya. Bisa jadi pakaiannya rapi tapi akhlaknya jelek, inipun bisa menjadi pemicu bisnis yang dijalankan beliau menjadi tak diridhoi oleh Alloh Swt. Atau (haram), haramtuh bukan dari barangnya saja, tapi cara jualnya. Apakah dengan cara curang atau secara jujur.
2. Melihat Perilaku Para Pekerjanya.
Prilaku seorang pekerja, adalah ciri khas tersendiri bagi perusahaan yang akan anda tempati. Lihatlah perilaku pekerj tersebut, apakah mereka patut diteladani atau mereka seri marah, pelit, dan sombong yang itu akan membuat perusahaan tersebut menjadi perusahaan terkutuk yang mungkin saja menjadi haram dikarenakan perilaku pekerja tersebut tak perlu diteladani.
3. Bertanya Kepada Warga Yang Dekat Dengan Perusahaan Tersebut.
Secara garis besar, warga sekitar pasti sudah tau apakah perusahaan tersebut halal atau tidak. Mereka akan tau dari produksinya, dan cara berjualannya. Bertanyalah kepada warga sekitar karena anda juga akan dapat informasi dan ilmu juga dari warga tersebut yang anda wawancarai. Selesai sudah saran dari saya, semoga bermanfaat ya sob, terima kasih telah berkunjung.
Wassalamuallaikum Wr.Wb